Tuesday, January 4, 2011

Cara Basic Pemakaian Pemadam Fire Extinguisher (Racun Api)

Penggunaan Pemadam Racun Api
Meskipun terdapat beberapa jenis atau klasifikasi pemadam racun api (fire extinguisher), namun kebanyakan bekerja dengan cara yang serupa. Berikut adalah akronim (dalam bahasa Inggris) yang diharapkan bisa memudahkan Anda dalam mengingat cara penggunaan pemadam ini, yaitu PASS.

Pull the pin

Tarik pin yang terdapat pada bagian atas tabung pemadam. Pin tersebut akan melepaskan sistem penguncian pada pemadam tersebut sehingga dapat mengeluarkan racun api untuk pemadaman api.

Aim at the base of fire

Arahkan tabung racun api tersebut ke sumber/ dasar api, bukan pada kobaran api! Ini penting, karena untuk memadamkan api, Anda harus memadamkan sumber atau dasar apinya.

Squeeze the lever slowly

Tekan tuas pemadam secara perlahan-lahan. Jika tuas dilepaskan, maka racun api akan berhenti disemburkan.

Sweep from side to side

Arahkan pemadam racun api dengan gerakan menyapu, yaitu dari satu sisi ke sisi yang lain hingga api benar-benar padam. Semburkan pemadam dari jarak yang aman, dan semburkan lebih dekat setelah api mulai padam. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu instruksi yang terdapat di tabung pemadam, karena masing-masing tipe pemadam menganjurkan jarak aman yang berbeda-beda.

Video Cara Dasar Pemakaian Alat Pemadam Api

Jika Anda belum terlalu memahami cara penggunaan dasar alat pemadam api, silahkan simaklah video di bawah ini:


Ingat, ketika api telah dipadamkan, jangan langsung meninggalkan area yang terbakar. Pastikan sekali lagi in case ada percikan api yang dapat menyala lagi. Isi ulang fire extinguisher setelah pemakaian.

 
Jika Anda  membutuhkan solusi terpadu untuk kebutuhan alat pemadam api, seperti alat pemadam api ringan (APAR), selang pemadam, fire pump, hydrant equipment, seragam pemadam kebakaran, dan perlengkapan pemadam api lainnya, Anda dapat mengkonsultasikan kebutuhan Anda dengan menghubungi 24-hour contact center PT. Indolok Bakti Utama di nomor 0804 133 8383.

8 comments:

  1. PERTAMA,,,,,,,
    makasi info nya sobat,,, sangat berguna ne

    ReplyDelete
  2. mmmm ,,,, pelajaran yang bagus, dan bermanfaat

    slam kenal yaa

    ReplyDelete
  3. Ini info yg sangat bagus..krn kebanyakan orang awam seperti saya ini belum bisa menggunakan alat pemadam api secara baik dan benar..

    ReplyDelete
  4. hmmmmmmm.... gitu ya caranya.... manggut-manggut nih... makasi ya infonya... sangat bermanfaat...

    makasi juga atas kunjungannya di blog jelek saya... salam blogger..!

    ReplyDelete
  5. Informasi yang berguna sekali.

    Misalnya Gans kalau jenis kebakarannya itu di kategorikan seperti Kelas A B C D dan K itu apakah sama teknik pemadamannya..?
    Salam Kenal aych Gans.
    Thx, cekidot yach

    ReplyDelete
  6. @ Obat Vitalitas:

    Teknik pemadamannya sih kurang lebih sama, cuma jenis pemadam/ racun api yang digunakan yang berbeda. Trims sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  7. wah....... info bagus nih q jadi tau teknik memadamkan api thank bgt infonya comen juga di blog saya ya gan http://followyuk.blogspot.com/

    ReplyDelete