Friday, January 14, 2011

Pemadam Api: Seberapa Penting Penggunaannya?

Di Indonesia, masih banyak gedung bertingkat dan perkantoran yang belum dilengkapi dengan fasilitas pemadam api (fire extinguisher). Padahal, pemadam ini sangat penting untuk menanggulangi jika seandainya terjadi kebakaran. Kalaupun ada, sangat sedikit orang yang paham dan mengerti cara penggunaan alat pemadam api ini.

Seorang anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Agus Gunawan, pernah mengatakan bahwa meskipun saat ini sudah banyak gedung yang mulai menaati untuk menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), namun dinas pemadam kebakaran juga perlu melakukan sosialisai cara-cara pemakaian. (sumber: disini)


Sementara di Depok sendiri, sedang dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penanggulangan terhadap bahaya kebakaran sehubungan dengan masih banyaknya perkantoran di kota Depok yang tidak dilengkapi dengan pemadam. Dalam Raperda tersebut akan diatur mengenai pemasangan proteksi kebakaran meliputi Alat Pemadam Api Ringan (APAR), instalasi deteksi alarm, sprinkler system, hydrant system. (sumber: disini)

Lain lagi halnya di kota Bekasi. Fasilitas pemadam kebakaran di Bekasi masih sangat minim, seperti fasilitas pemadam yang mulai rusak, kantor pemadam kebakaran yang belum menyebar, dan minimnya sumber air untuk mengisi tangki air di mobil pemadam. (sumber: disini)

Memang harus diakui, tidak semua pihak yang memahami pentingnya alat pemadam api ini dan bukan menjadikannya prioritas. Namun, kita tidak pernah tahu kapan bencana akan terjadi, bukan begitu? Jadi, akan lebih baik jika kantor Anda dilengkapi dengan sistem pemadam api, setidak-tidaknya dengan menggunakan alat pemadam api ringan atau fire extinguisher. Sedia payung sebelum hujan. :)

No comments:

Post a Comment