Friday, June 3, 2011

CCTV Tips: Bagaimana Cara Pasang CCTV?

Pasang Kamera CCTV
Berikut adalah tips dasar langkah-langkah cara pasang kamera CCTV (Closed Circuit TeleVision):

1. Tentukan kabel yang sesuai

Untuk kabel CCTV, Anda dapat menggunakan kabel RG59 Siamese yang terdiri dari kabel video dan kabel power (positif dan negatif). Kabel RG59 Siamese merupakan kabel standard yang sering digunakan untuk instalasi CCTV.

2. Tentukan lokasi dan area pantauan CCTV

Lokasi pemasangan CCTV bisa Anda tentukan berdasarkan jarak pandang yang hendak dimonitoring (apakah dekat atau jauh) dan apakah untuk keadaan gelap atau terang. Dari situ baru Anda tentukan titik pemasangan kamera CCTV.


3. Prioritaskan penempatan kamera CCTV di bawah atap/ tempat terlindung

Terutama untuk pemasangan CCTV di rumah, prioritaskan letak posisi kamera CCTV dibawah atap karena bisa melindungi kamera CCTV Anda dari hujan, angin, dan sebagainya. Selain itu, penempatan di bawah atap juga biasanya memberikan tampilan view yang lebih baik dan mudah untuk menarik kabel jaringan. 

4. Cari titik untuk mulai menarik kabel dari luar ke dalam

Setelah menentukan titik pemasangan CCTV, berikutnya adalah mencari titik masuk untuk menarik kabel RG56 dari luar ke dalam.

5. Penempatan monitor dan DVR

Monitor dan DVR adalah alat-alat yang melengkapi sistem CCTV Anda. Jika kamera CCTV biasanya ditempatkan diluar, maka DVR dan monitor digunakan untuk membantu pemantauan dari dalam ruangan. Tentukan tempat dimana monitor dan DVR akan diletakkan.

6. Memulai penarikan kabel

Setelah didapatkan titik kamera CCTV dan lokasi penempatan monitor dan DVR, maka berikutnya adalah menarik kabel RG59 yang menghubungkan antara CCTV dengan monitor dan DVR.

Notes:
Artikel ini hanya bersifat panduan dasar. Hubungi vendor CCTV untuk pemasangan sistem CCTV yang lebih terjamin. 

Artikel CCTV ini dipersembahkan oleh PT. Indolok Bakti Utama, distributor produk-produk security solutions seperti CCTV system Gunnebo dan juga fire solutions seperti alat pemadam api Gunnebo (rebranding dari pemadam Chubb), brankas/ lemari besi, safes deposit box, dan sebagainya. Hubungi 24 hour contact center kami di 0804 133 8383 untuk informasi produk atau inquiry.

17 comments:

  1. Wah... nanggung nih. Panduan Advanced-nya juga dong. Btw, nice share

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu Thanks ya gan
    Salam Bloger

    ReplyDelete
  3. Nice share gan. soalnya saya mw pasang cctv di rumah saya hehehehe :D

    ReplyDelete
  4. Sepertinya sekarang CCTV sudah jadi alat standart keamanan yaa.. Lama2 tiap bakal pasang CCTV nih.. :)

    ReplyDelete
  5. Trima kasih untuk tips nya cara memasang CCTV, dan apakah ada CCTV yang ndak memakai kabel, tetapi wireless, jaid bisa di akses melalui internet?

    sukses selalu

    Salam
    Simon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mengunjungi blog kami Bpk. Simon. Memang saat ini sedang berkembang CCTV yang dapat dikontrol lewat internet, sehingga pemilik dapat mengakses darimana saja. Jika Bapak berminat untuk memasang CCTV System segera hubungi kami di 0804 1 33 83 83 atau 021-3148383 ext. 102. Terima kasih.

      Delete
  6. Saya bingung dengan penempatan CCTV yang bagus dan tidak diketahui orang banyak. apakah anda bisa membantu saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ViperGoy Untuk penempatan Camera CCTV yang baik yaitu bagaimana camera dapat mencakup seluas mungkin tempat yang akan diawasi. Sebenarnya lebih bagus camera CCTV terlihat untuk memberikan kesan tempat tersebut diawasi. Dan yang terpenting DVR selalu dalam keadaan baik sehingga dapat merekam dengan sempurna.

      Delete
  7. letak strategis itu lho yang susah di cari.-. ? letak strategis dimana kira2 si maling ini bakalan nongol :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ajiewicaksono letak strategis itu letak dimana camera bisa mengawasi bagian ruangan yang akan diawasi. Beberapa bagian yang bagus untuk dipasangi camera cctv yaitu pintu masuk, pintu belakang dan ruangan yang digunakan untuk menyimpan benda-benda berharga. Selamat mencoba.

      Delete
  8. bapak kalau lensa cctv langsung ke komputer apa bisa? (tanpa resefer) kayak webcam? mohon penjelasannya. hanif8182@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hanif, bisa saja tapi tentunya fungsinya hanya akan seperti webcam biasa.

      Delete
  9. posisi saya ada di sumbawa-ntb. bisa dibantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunnebo Indonesia cab. Mataram
      Jl. Sandubaya No. 30
      Blok C – Sweta Kota
      Mataram
      0370 673097

      Delete
  10. cctvnya bisa dimonitor pake internet?
    live gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @pesan jaket online, CCTV bisa dimonitor menggunakan internet dari tempat manapun, hanya saja memerlukan biaya tambahan untuk koneksi internet.

      Delete