Home » » 3 Bahan "Ajaib" yang Membuat Baju Pemadam Tahan Api

3 Bahan "Ajaib" yang Membuat Baju Pemadam Tahan Api


Pemadam kebakaran merupakan penyelamat yang paling di tunggu saat terjadi kebakaran, dengan slogan "pantang pulang sebelum padam" yang menjadi ciri khasnya. Dalam melakukan pemadaman api dan penyelamatan korban kebakaran tentu sangat beresiko, harus cepat serta mementingkan keselamatan korban tersebut.


baju pemadam kebakaran gunnebo
Baju Pemadam Kebakaran
Keselamatan pemadam kebakaran saat menunaikan tugas pekerjaannya merupakan aspek utama kesejahteraan yang harus diperhatikan. Perlindungan pemadam kebakaran yang rentan terhadap kecelakaan di lingkungan kerjanya sangat diperlukan, sehingga dapat menekan serendah-rendahnya terjadinya kecelakaan dan meminimalkan dampak negatifnya terhadap keselamatan pekerja.

Saat melakukan aksi tersebut para pemadam kebakaran sudah di lengkapi dengan alat keselamatan dan baju pemadam tahan api yang khusus . Baju pemadam kebakaran adalah faktor penting dalam penyelamatan korban kebakaran, saat sang pemadam memasuki lokasi kebakaran untuk menyelamatkan korban baju pemadam kebakaran menjadi sangat penting untuk melindungi si pemadam dari kobaran api.

terbuat dari apa baju pemadam kebakaran tersebut ? Mengapa bisa tahan api ?
kedua pertanyaan itu dapat Anda ketahui dari artikel berikut ini:

Serat Asbes Sebagai Bahan Baju Pemadam

serat asbes sebagai bahan baju pemadam kebakaran
Bahan Serat Asbes

Baju pemadam kebakaran saat dahulu terbuat dari bahan serat asbes. Serat asbes memang ada yang dapat dipintal dan ada yang tidak. Karena sifatnya yang tahan api makan serat asbes dapat menjadi bahan baju pemadam kebakaran, selain menjadi bahan baju pemadam  Serat asbes yang dipintal dapat juga digunakan untuk sarung tangan, pelapis dinding, pelapis rem, bahan tekstil asbes dan alat pemadam api

Aramid Sebagai Bahan Baju Pemadam


aramid sebagai bahan baju pemadam kebakaran
Bahan Aramid
Serat aramid adalah kelas dari serat sintetik tahan panas dan kuat. Karena itu serat aramid digunakan sebagai bahan baju pemadam kebakaran menggantikan bahan serat asbes, karena bahan serat asbes dapat membahayakan Menghirup asbes dapat menyebabkan penebalan pleura (selaput yang melapisi paru-paru) karena tergores oleh serat asbes dan memicu penyakit kanker bagi para pekerja yang terus menerus menggunakannya. selain menjadi bahan baju pemadam kebakaran.

Bahan aramid banyak di gunakan sebagai bahan baju pembalap mobil dan motor. Aramid termasuk jenis nylon seperti Nomex, Kevlar dan Tawron adalah bahan yang sangat tahan api, tahan suhu tinggi, terbakar pada suhu 53 oC.

Nomex Sebagai Bahan Baju Pemadam

Nomex merupakan bahan fiber yang tahan api dan dalam bahan nomex jika dalam temperatur tinggi tidak dapat meleleh, menetes atau menyebabkan pembakaran di udara. Nomex sendiri adalah serat yang terdiri dari beberapa kombinasi serat lainnya untuk menyempurnakan bahan-bahan baju perlindungan sebelumnya. Serat berbahan Nomex digunakan umunya di gunakan sebagai pakaian pelindung.
Nomex sebagai bahan baju pemadam kebakaran
Bahan Nomex


Dan saat ini lebih dari tiga juta anggota pemadam kebakaran diseluruh dunia dilengkapi dengan alat, pakaian, dan aksesori yang dibuat dengan Nomex. Contohnya adalah baju pemadam kebakaran gunnebo Nomex Fire Suit yang terbuat dari bahan Nomex yang berkualitas.



itulah jenis-jenis bahan baju pemadam kebakaran, seiring perkembangan jaman jenis bahan baju pemadam kebakaran pun terus di tingkatkan keamanan dan perlindungannya agar pemadam kebakaran tetap dapat terlindung saat melakukan aksi penyelamatan.

1 comments:

  1. mau tanya, dimanakah bahan aramid ini bisa didapatkan di indonesia? terima kasih.. :)

    ReplyDelete

About Us

PT. Indolok Bakti Utama
PT. Indolok Bakti Utama merupakan distributor produk Gunnebo dan Chubbsafes di Indonesia. Kunjungi official website kami di www.gunnebo.com/id

Join Our Facebook Page