Home » , » Heboh !!, Puluhan Mobil Pemadam Kesulitan Hadapi 2 Kebakaran Besar di Jakarta

Heboh !!, Puluhan Mobil Pemadam Kesulitan Hadapi 2 Kebakaran Besar di Jakarta

 Api Kebakaran Melanda Jakarta
Kebakaran beberapa waktu lalu terjadi lagi di Jakarta. tidak tanggung-tanggung 2 kebakaran hebat melanda kota Jakarta hanya dalam waktu beberapa hari saja. Peristiwa-peristiwa kebakaran di Jakarta mengingatkan kita agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran.  

Kebakaran kali ini bisa di bilang salah satu kebakaran yang hebat yang terjadi di Jakarta, melingkupi daerah kebakaran yang luas sehingga puluhan mobil pemadam kebakaran pun di turunkan untuk mengatasinya. Dinas pemadam kebakaran pun kesulitan untuk menghadapinya.

Tidak hanya itu saja kesulitannya bahkan salah satu pemadam kebakaran pun ada yang mengalami cidera karena terkena runtuhan bangunan yang terbakar. 

Dimana lokasi kebakaran tersebut ? dan bagaimana kronologis aksi pemadam mengatasi kebakaran itu ?
berikut ini adalah kutipan peristiwa kebakaran hebat yang terjadi di Jakarta baru-baru ini,


Kebakaran Kantor Kementerian Hukum dan HAM

Kebakaran Kantor Kementerian Hukum dan HAM

Kebakaran pertama terjadi pada tanggal 06 Januari 2013 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, tepatnya di gedung Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU). Pada kebakaran ini kurang lebih 20 mobil pemadam di kerahkan untung bertujuan melakukan aksi pemadaman pada
Kantor Kementerian Hukum dan HAM ini.

Faktor Penyebab kebakaran pun di duga dari dari percikan api dari proses pemotongan pipa hidran di lantai basement gedung AHU yang menjalar hingga ke lantai 7.  Dan dugaan kedua terjadi akibat korsleting listrik pada bagian basement sampai lantai 2 . Sistem pemadam kebakaran gedung pun sepertinya tidak berfungsi dengan baik atau tidak ada karena api cepat meluas hingga menghabiskan bangunan gedung tersebut

ya korsleting listrik memang salah satu penyebab kebakaran yang paling sering terjadi sebaiknya Anda baca kembali artikel tentang tips sederhana mencegah kebakaran pada artikel sebelumnya.

Kebakaran pada kantor kementrian Hukum dan HAM ini juga menimbulkan masalah serius karena beberapa arsip penting juga ikut terbakar padahal semestinya arsip serta dokumen penting di tempatkan pada brankas tahan api agar jika terjadi kebakaran arsip atau dokumen berharga tetap terselamatkan.

Sangat disayangkan karena tidak adanya tindak pencegahan dengan menyimpan arsip berharga di brankas atau lemari besi tahan api arsip-arsip tersebut banyak yang habis terbakar, ini merupakan satu peringatan agar kita dapat menyimpan dokumen atau arsip berharga lainnya di tempat yang aman agar bila terjadi kebakaran arsip tersebut tetap dapat diselamatkan.

Kebakaran di Pasar Baru

Pertokoan di Pasar Baru terbakar, 33 mobil pemadam dikerahkan

Terjadi lagi pada malam hari tanggal 08 Januari 2013, kali ini lokasinya di Pasar Baru. Penyebab kebakaran pun hingga kini masih di identifikasi namun lokasi awal pada kebakaran ini berasal dari sebuah lantai 2 Toko Matahari.

sedikitnya 4 ruko lainnya terbakar habis karena berdekatan langsung dengan sumber kebakaran. Kobaran api sangat besar sehingga harus menurunkan sedikitnya 33 mobil kebakaran langsung ke lokasi. Penerjunan 33 mobil pemadam kebakaran di tujukan agar kebakaran di lokasi tidak membesar karena area pasar baru merupakan area yang padat dengan toko dan di khawatirkan bila tidak cepat ditangani dapat menimbulkan kebakaran yang lebih besar lagi.

Pemadam Kebakaran pun Terluka

Pada kebakaran di Pasar Baru ini salah seorang pemadam bernama Junaidi mengalami luka akibat terkena runtuhan bangunan sebuah toko. sebuah hal beruntung pemadam itu hanya mengalami luka bakar pada area bahu kiri.

Pemadam kebakaran akan memadamkan api tidak perduli ia sendiri mengalami luka dan sebagainya. Pemadam kebakaran pun di lengkapi baju pemadam api yang terbuat dari bahan yang tahan api serta perlengkapan pemadam kebakaran lainnya guna meminimalisir resiko kecelakan seperti hal ini.

Waspada Kebakaran  Sebelum Terlambat

2 Kebakaran diatas semakin mengingatkan kita bahwa kebakaran merupakan kejadian yang bisa saja terjadi kapan saja.Bagi masyarakat mencegah kebakaran merupakan hal yang paling penting dan bila kebakaran telah terjadi pengetahuan  tentang alat pemadam dan ketersediaan alat pemadam api pun semakin penting.

Dengan adanya alat pemadam api maka Anda dapat mencegah kebakaran semakin besar. Himbauan pemerintah tentang alat pemadam api pun sudah lama di layangkan ke publik hanya tinggal bagaimana Anda menyikapi hal tersebut.

Penyimpanan alat pemadam api dirumah sangat di anjurkan untuk mencegah api bertambah besar dan cara penggunaan alat pemadam api juga harus di ketahui agar dapat mempergunakan alat pemadam api sebagaimana mestinya.

0 comments:

Post a Comment

About Us

PT. Indolok Bakti Utama
PT. Indolok Bakti Utama merupakan distributor produk Gunnebo dan Chubbsafes di Indonesia. Kunjungi official website kami di www.gunnebo.com/id

Join Our Facebook Page