Home » » Tips Pemadam: 7 Cara Darurat Lakukan Pemadaman Api

Tips Pemadam: 7 Cara Darurat Lakukan Pemadaman Api


 
Kebakaran masih senantiasa terjadi di Indonesia,  puluhan kasus kebakaran masih menghiasi berita-berita serta surat kabar media massa.

Musibah kebakaran masih banyak terjadi di area perumahan warga,  Penyebab terjadi kebakaran masih dalam ruang lingkup yang sama yaitu  dari korsleting listrik hingga kecerobohan manusia terhadap puntung rokok yang terjatuh sembarangan atau minimnya pengawasan anak yang mengakibatkan kebakaran.

berikut ini akan kami berikan 7 tips memadamkan kebakaran berdasarkan klasifikasi kebakaran tersebut secara darurat. Silahkan simak berikut ini

7 Cara Darurat  Memadamkan Kebakaran


1.Kebakaran Kompor Minyak

Kompor minyak dapat menjadi sebab terjadinya kebakaran hebat, api yang cepat menjalar akan sangat sulit dikendalikan apabila terlambat penangannnya.

Maka dari itu Anda harus sigap dan segera mengambil karung atau kain dan basahkan, kemudian selubungkan pada kompor. Akan lebih baik lagi jika Anda menyediakan alat pemadam api dirumah karena kebakaran jenis ini akan sangat mudah di tangani bila Anda memiliki alat pemadam api dirumah

2.Kebakaran Akibat Listrik

korsleting istrik juga merupakan penyebab api kebakaran yang paling sering terjadi di Indonesia, kebakaran akibat listrik bisa terjadi akibat hubungan arus pendek atau meledaknya sekring .

cara darurat memadamkannya yaitu segera cabut sekering listrik dan jatuhkan breaker (stop kontak)
Setelah sekering dicabut, padamkan kebakaran tersebut dengan alat pemadam api.

Untuk kasus ini Anda harus berhati-hati jika memadamkan dengan air karena jika Anda memadamkannya dengan air , potensi Anda tersetrum sangat tinggi jadi disarankan gunakan alat pemadam api atau paling tidak karung goni dan segera lemparkan pada sumber api

3.Kebakaran Tempat Penggorengan/Wajan

Kebakaran pada wajan juga pernah terjadi di Indonesia, ibu rumah tangga seringkali ceroboh menyenggol wajan atau tidak sengaja terjatuh.

cara memadamkan api secara darurat pada peristiwa ini adalah ambil tutup panci atau baskom, lalu tutupkan ke wajan yang terbakar tersebut.
jika langkah pertama api belum padam, ambil goni/kain basah lalu selubungkan ke wajan tersebut.

PERINGATAN : Minyak goreng panas kalau terbakar jangan disiram dengan air karena air dan minyak tidak akan bisa bersatu dan ini menyebabkan api bisa menjalar ke tempat lain dengan mudah

4.Anak Terbakar Akibat Main Api

Tidak sedikit peristiwa kebakaran terjadi karena minimnya pengawasan Anak yang di biarkan bermain api di lokasi yang rawan terjadi kebakaran.

Hal yang harus Anda lakukan jangan panik, segeralah ambil selimut atau handuk lalu selimutkan/selubungkan kepada anak tersebut, segera lakukan pengobatan dasar dan telpon rumah sakit terdekat.

5.Sepeda Motor Terbakar

Tahun lalu terjadi kebakaran besar yang menghanguskan 3 buah rumah akibat sepeda motor yang di letakan dalam rumah terbakar.

jika hal ini terjadi Anda harus segera menelpon pemadam kebakaran dan secepat mungkin lakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), jika tidak punya segera
ambil karung goni dan basahkan dengan air lalu selubungkan pada sepeda motor yang terbakar tersebut.

6. Kasur Terbakar

Kebakaran jenis ini sering terjadi karena penyebab obat nyamuk bakar yang terjatuh dan mengenai kasur, atau puntung rokok yang diletakkan di samping kasur.

cara darurat melakukan pemadam api pada kejadian ini adalah segera siram dengan air dan segera bawa kasur tersebut ke luar rumah.

7. Kebakaran pada lampu  Petromak.

Untuk pedesaan  lampu petromak masih sering digunakan sebagai alat penerangan rumah dan untuk kota biasanya lampu petromak digunakan jika terjadi pemadaman listrik .


 Namun potensi kebakaran jika menggunakan lampu petromak juga tinggi karena lokasi yang ditempel di dinding yang menyebabkan api dapat dengan mudah menjalar ke atap dan membakar seluruh isi rumah.
jika memungkinkan , segera turunkan lampu petromax tersebut dan tutup dengan goni basah atau padamkan dengan alat-alat pemadam api kebakaran, sekali lagi jangan gunakan air bila Anda berhadapan dengan kebakaran yang diakibarkan bahan cair seperti minyak. 
Jika tidak memiliki karung goni Anda bisa gunakan lap basah yang tebal untuk memadamkan api tersebut. 

Kebakaran memang bisa terjadi kapan saja, namun kita dapat mencegah kebakaran tersebut bertambah besar jika mengetahui cara basic menggunakan alat pemadam api


cukup sekian tips pemadam tentang 7 cara darurat lakukan pemadaman api ini, semoga dapat menambah wawasan Anda untuk bisa mencegah kebakaran yang terjadi pada lingkungan sekitar Anda atau pada diri Anda sendiri. Terima Kasih.


0 comments:

Post a Comment

About Us

PT. Indolok Bakti Utama
PT. Indolok Bakti Utama merupakan distributor produk Gunnebo dan Chubbsafes di Indonesia. Kunjungi official website kami di www.gunnebo.com/id

Join Our Facebook Page